Monday, April 9, 2018

PADI OPLOSAN TAHAP I

Di dalam kurikulum sekolah menengah kejuruan bidang keahlian kelompok pertanian ada mata pelajaran indentifikasi tanaman khususnya tanaman pangan. Padi adalah tanaman pangan utama yang dikonsumsi oleh penduduk indonesia. Mempelajari berbagai jenis tanaman padi dan memahami karakteristiknya seperti potensi hasil dll menjadi sangat penting apalagi dengan mengingat SMK merupakan lembaga pendidikan menengah yang memiliki visi menciptakan tenaga ahli tingkat menengah yang mampu mengembangkan diri secara baik di masyarakat.

Jenis padi sangat banyak terutama padi galur disamping padi hibrida, varietas, dll. Untuk mengenal jenis jenis tanaman padi yang banyak beredar di masyarakat dalam waktu yang singkat dapat ditempuh dengan menanam tanaman padi dengan jumlah yang banyak dalam satu lahan dengan populasi yang seperlunya seperti ubinan atau bedengan.

Oleh karena itu kami dewan guru yang memiliki tanggungjawab itu mencoba menanam padi dengan pola tanam yang terdiri dari beragam jenis tanaman padi dalam satu lahan sehingga siswa SMK pertanian dapat dengan mudah mengidentifikasikan jenis jenis tanaman padi dan membandingkan dengan padi yang lain. Untuk memudahkan siswa mengingat kami menyebutnya padi oplosan.

Berikut ini kami akan menanam beberapa jenis padi galur lokal
1. Padi Merbok
2. Padi Sigupai
3. Padi Bintik 1
4. Padi Naleung 1
5. Padi Kabir 6
6. Padi Satria 9
7. Padi CM 200K
8. Padi Abung Mahakam Ulu
9. Padi Diamond
10. Padi Toyo Arum
11. Padi Kalina
12. Padi Malaka
13. Padi CM 76
14. Padi M70D
15. Padi MSP 1 Modif
16. Padi Trisakti
17. dll

No comments:

Post a Comment