Wednesday, July 18, 2012

RPP IDENTIFIKASI TANAMAN DAN PERTUMBUHANNYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                     :   SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN   :  AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY                   :   AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN       :  AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                 :   KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER                 :   X / GENAP
ALOKASI WAKTU                   :   68 JAM ( 4 JAM / MG)
KODE  KOMPETENSI              :   DKK.TPH.002

STANDAR KOMPETENSI       :  MENGIDENTIFIKASI TANAMAN DAN PERTUMBUHANNYA                    
                                      
KOMPETENSI DASAR            : 1. Mengenal lingkup tanaman yang diusahakan

INDIKATOR                             : 1. Tanaman pangan diidentifikasi dan disebut sesuai nama umumnya atau botaninya
2.  Tanaman kelompok hortikultura diidentifikasi dan disebut sesuai nama botaninya
3.  Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4.  Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
5.  Hasil identifikasi jenis tanaman dicatat dan dikomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha.

                                                    

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat mengidentifikasi Tanaman pangan dan menyebutkan sesuai nama umumnya atau botaninya
·        Siswa dapat mengidentifikasi Tanaman hortikultura dan menyebutkan sesuai nama botaninya
·        Siswa dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman pangan dan mendeskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·        Siswa dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman hortikultura dan mendeskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·        Siswa dapat mencatat identifikasi jenis tanaman dan dapat mengkomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha

II.  MATERI AJAR
Ø      Mengelompokkan tananam pangan yang dibudidayakan
Ø      Mengelompokkan tananam Hortikultura yang dibudidayakan
Ø      Deskripsi tanaman yang diusahakan (Taksonomi, Fisiologis dan Morfologi)
Ø      Catatan hasil identifikasi jenis tanaman


III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Praktik Sekolah dan Lapangan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.   identifikasi 5 Tanaman pangan dan sebutkan sesuai nama umumnya atau botaninya
2.       identifikasi 5 Tanaman hortikultura dan sebutkan sesuai nama botaninya
3.        identifikasi Ciri ciri 2 jenis tanaman pangan  atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4.        identifikasi Ciri ciri 2 tanaman hortikultura  atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    
2. Tes Praktek
     ...............................................

3. Tugas-Tugas
·        siswa membuat ..............................................  tentang ........................... ................................ dan menyerahkan hasilnya kepada guru
·        siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang ....................................... dan menyerahkan kepada guru





KOMPETENSI DASAR            : 2. Menjelaskan tanah sebagai tempat tumbuh tanaman
            
INDIKATOR                             : 1. Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman diidentifikasi
2.  Diketahui dengan jelas data agronomi tempat budidaya tanaman


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  memahami faktor tanah
·        Siswa dapat memahami jenis tanah
·        Siswa dapat memahami sifat tanah (fisik, kimia dan biologi)
·        Siswa dapat mengamati profil tanah
·        Siswa dapat mengukur suhu dan kelembaban tanah
·        Siswa dapat memahami sifat kimia tanah
·        Siswa dapat menghitung kemiringan tanah
·        Siswa dapat mengamati ketinggian tanah
·        Siswa dapat mengukur pH tanah


II.  MATERI AJAR
Ø      Pengertian tanah dan fungsi tanah
Ø      Sifat fisik tanah (jenis, susunan tanah, ketinggian, kemiringan, tekstur dan struktur tanah, air tanah)
Ø      Sifat kimia tanah (pH, unsur hara)

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Jelaskan yang disebut faktor tanah  
    2. Jelaskan jenis jenis tanah
    3. Jelaskan sifat fisik tanah, kimia tanah dan biologi tanah
    4. Jelaskan teknik mengukur suhu dan kelembaban tanah
    5. Jelaskan teknik menghitung kemiringan tanah
    6. Jelaskan teknik mengukur ketinggian tanah
    7. Jelaskan cara mengukur pH tanah.


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................
6. ............................................
7. .............................................

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu secara lisan kemampuannya memahami tentang tanah yang berfungsi sebagai tempat tumbuh tanaman

3. Tugas-Tugas
·        siswa mencatat data agronomi tanaman di daerah masing masing dan mengumpulkan laporan kepada guru bidang study





KOMPETENSI DASAR            :  Menjelaskan cuaca sebagai faktor penting bagi tanaman

                                    
INDIKATOR                             : 1. Data agroklimat diperoleh/dikumpulkan melalui data sekunder
2.  Data curah hujan, suhu dan kelembaban dikumpulkan dan dicatat melalui pengukuran dilapangan
3.  Data agroklimat dikumpulkan dan disimpan untuk bahan pertimbangan dalam perencanaan usaha tanaman

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  menyebutkan jenis jenis data agroklimat
·        Siswa dapat memahami satuan curah hujan, suhu dan kelembaban
·        Siswa dapat menjelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data
·        Siswa dapat mengumpulkan dan mencatat data curah hujan, suhu dan kelembaban udara


II.  MATERI AJAR
§         Data agroklimat berupa curah  hujan, suhu, udara, dan  kelembaban udara

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.      Sebutkan jenis jenis data agroklimat
2.      Sebutkan teknik mengukur curah hujan, suhu dan kelembaban udara
3.      Jelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
   
2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pengukuran data cuurah hujan, suhu dan kelembaban udara

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................






KOMPETENSI DASAR         : Menjelaskan Sistim produksi tanaman

                                   
INDIKATOR                          : 1. Siklus hidup tanaman diamati dan dicatat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman
                                                  2. Proses fisiologis tanaman dideskripsikan dengan tepat


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat Memahami siklus hidup tanaman.
·        Siswa dapat Melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman satu silkus hidup
·        Siswa dapat Memahami proses fisioliogis tanaman (fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan)


II.  MATERI AJAR
·        Siklus hidup tanaman
·        Proses fisiologis tanaman

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.      Jelaskan siklus hidup tanaman kedelai dan jagung
2.      Jelaskan perbedaan grafik pertumbuhan tanaman kedelai dan jagung
3.      Jelaskan proses fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
   
2. Tes Praktek
     Siswa diamati ketika sedang melaksanakan pengamatan pertumbuhan tanaman

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................




Kepala SMK Negeri 1 Beungga





Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
Beungga, 16 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran




CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015


jika anda membutuhkan file RPP ini silakan Klik DISINI













1 comment: