RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS
DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY : AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER : X / GENAP
ALOKASI WAKTU : 68 JAM
KODE KOMPETENSI : AGRI.TPH.
005
STANDAR
KOMPETENSI : MEMBIAKKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF
KOMPETENSI
DASAR : Menjelaskan
prinsip pembiakan tanaman secara vegetatif
INDIKATOR : 1. Keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatp di identifikasi
dengan tepat
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan pembiakan vegetatip di identifikasi dengan tepat
3. Organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
di identifikasi sesuai prosedur
4. Berbagai teknik pembiakan tanaman secara
vegetatif dapat di deskripsikan beserta contoh tanamannya
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat mengidentifikasi keuntungan
dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatif
·
Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan
vegetatif
·
Siswa
dapat mengidentifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
·
Siswa dapat mendeskripsikan berbagai teknik
pembiakan tanaman secara vegetatif beserta contoh tanamannya
II.
MATERI AJAR
Ø
Konsep dasar pembiakan tanaman secara vegetatif
Ø
Faktor factor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembiakan
secara vegetatif
Ø
Alat pembiakan secara vegetatif
Ø
Teknik teknik pembiakan secara vegetatif
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1. Identifikasi
Keuntungan dan kelemahan dari
pembiakan secara vegetatif dengan tepat
2. Identifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
pembiakan vegetatif dengan tepat
3. Identifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
5. Deskripsikan berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif
beserta contoh tanamannya
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3.
.........................................
4.
.........................................
5.
.........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
siswa membuat klipping tentang pembiakan vegetatif dan
menyerahkan hasilnya kepada guru
·
siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang pembiakan
vegetatif dan menyerahkan kepada guru
KOMPETENSI
DASAR : Melakukan pembiakan tanaman secara vegetatif
INDIKATOR : 1. Pembiakan tanaman dengan cara stek dilakukan
sesuai prosedur
2. Pembiakan tanaman dengan cara anakan
dilakukan sesuai prosedur
3. Pembiakan tanaman dengan cara cangkokan
dilakukan sesuai prosedur
4. Pembiakan tanaman dengan cara okulasi
dilakukan sesuai prosedur
5. Pembiakan tanaman dengan cara sambungan
dilakukan sesuai prosedur
6. Pembiakan tanaman dengan cara merunduk
dilakukan sesuai prosedur
7. Keberhasilan pembiakan tanaman secara
vegetatif diamati dan di data prosentase keberhasilannya
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat melakukan
pembiakan tanaman dengan cara stek
·
Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan
cara anakan
·
Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan
cara cangkok
·
Siswa
dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara okulasi
·
Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan
cara sambungan
·
Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan
cara merunduk
·
Siswa dapat mengamati dan mendata prosentase
keberhasilan pembiakan tanaman secara vegetatif
II.
MATERI AJAR
Ø
Pembiakan dengan cara stek
Ø
Pembiakan dengan cara anakan
Ø
Pembiakan dengan cara cangkokan
Ø
Pembiakan dengan cara okulasi
Ø
Pembiakan dengan cara sambungan
Ø
Pembiakan dengan cara merunduk
Ø
Mendata keberhasilan hasil pembiakan secara vegetatif
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi/brosur sesuai materi
·
Siswa menyiapkan alat dan bahan
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat dan menyimak semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa melakukan praktik dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- KLIK DISINI untuk melihat PBM yg kami laksanakan
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk memperdalam materi
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis: tidak diperlukan
2. Tes Praktek
Siswa di uji satu persatu kemampuan
melakukan pembiakan vegetatif untuk setiap jenis pembiakan vegetatif
3. Tugas-Tugas
·
siswa melakukan pembiakan vegetatif untuk setiap jenis pembiakan di rumah masing
masing dan menyerahkan hasilnya kepada guru
KOMPETENSI
DASAR : Memelihara bibit hasil pembiakan tanaman secara vegetatif
INDIKATOR : 1. Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan
2. Pemberian pupuk dilakukan sesuai konsep
tepat dosis, waktu, jenis dan cara
3. Organisme pengganggu diidentifikasi
berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
4. Organisme penggangu dikendalikan sesuai
konsep ramah lingkungan
5. bibit dipilih sesuai persyaratan
6. Kegiatan pembiakan tanaman
didokumentasikan sesuai ketentuan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat melakukan
penyiraman sesuai kebutuhan
·
Siswa dapat melakukan pemberian pupuk sesuai
konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
·
Siswa dapat mengidentifikasi organisme
pengganggu berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
·
Siswa
dapat mengendalikan organisme pengganggu sesuai konsep ramah lingkungan
·
Siswa dapat memilih bibit sesuai persyaratan
·
Siswa dapat membuat dokumentasi kegiatan
pembiakan sesuai ketentuan
II.
MATERI AJAR
1.
Penyiraman
2.
Penyiangan
3.
Pemupukan
4.
Pengendalian OPT
5.
Transplanting
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1. Jelaskan
prosedur penyiraman sesuai
kebutuhan
2. Jelaskan prosedur pemupukan sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan
cara
3. Identifikasi OPT dan pengendaliannya
4. Jelaskan prosedur pengendalian OPT yang
ramah lingkungan
5. Jelaskan tips memilih bibit yang baik
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3. .........................................
4.
.........................................
5.
.........................................
2. Tes Praktek
Siswa di uji satu persatu kemampuan
melakukan pemeliharaan pada pembiakan
tanaman secara vegetatif
3. Tugas-Tugas
·
.......................................................................
Kepala SMK Negeri 1 Beungga
Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
|
Beungga, 1 Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015
|
jika anda membutuhkan file RPP diatas monggo Klik DISINOE
No comments:
Post a Comment