Saturday, July 14, 2012

RPP Membiakkan Tanaman secara Vegetatif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                     : SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN   :  AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY                     :      AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN       :  AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                    :      KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER                 :  X / GENAP
ALOKASI WAKTU                      :     68 JAM
KODE  KOMPETENSI                 :      AGRI.TPH. 005

STANDAR KOMPETENSI       :  MEMBIAKKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF                     
                                      
KOMPETENSI DASAR            :  Menjelaskan prinsip pembiakan tanaman secara vegetatif
                                   
INDIKATOR                             : 1. Keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatp di identifikasi dengan tepat
2.  Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatip di identifikasi dengan tepat
3.  Organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif di identifikasi sesuai prosedur
4.  Berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dapat di deskripsikan beserta contoh tanamannya
                                                   

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatif
·        Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatif
·        Siswa dapat mengidentifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
·        Siswa dapat mendeskripsikan berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif beserta contoh tanamannya

II.  MATERI AJAR
Ø      Konsep dasar pembiakan tanaman secara vegetatif
Ø      Faktor factor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembiakan secara vegetatif
Ø      Alat pembiakan secara vegetatif
Ø        Teknik teknik pembiakan secara vegetatif

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Identifikasi Keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatif dengan tepat  
    2. Identifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatif dengan tepat
    3. Identifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
    5. Deskripsikan berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif beserta contoh tanamannya


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................

2. Tes Praktek
     ...............................................

3. Tugas-Tugas
·        siswa membuat klipping tentang pembiakan vegetatif dan menyerahkan hasilnya kepada guru
·        siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang pembiakan vegetatif dan menyerahkan kepada guru





KOMPETENSI DASAR            :  Melakukan pembiakan tanaman secara vegetatif
                                   
INDIKATOR                             : 1. Pembiakan tanaman dengan cara stek dilakukan sesuai prosedur
2.  Pembiakan tanaman dengan cara anakan dilakukan sesuai prosedur         
3.  Pembiakan tanaman dengan cara cangkokan dilakukan sesuai prosedur
4.  Pembiakan tanaman dengan cara okulasi dilakukan sesuai prosedur
5.  Pembiakan tanaman dengan cara sambungan dilakukan sesuai prosedur
6.  Pembiakan tanaman dengan cara merunduk dilakukan sesuai prosedur
7.  Keberhasilan pembiakan tanaman secara vegetatif diamati dan di data prosentase keberhasilannya


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  melakukan pembiakan tanaman dengan cara stek
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara anakan
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara cangkok
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara okulasi
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara sambungan
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara merunduk
·        Siswa dapat mengamati dan mendata prosentase keberhasilan pembiakan tanaman secara vegetatif


II.  MATERI AJAR
Ø      Pembiakan dengan cara stek
Ø      Pembiakan dengan cara anakan
Ø      Pembiakan dengan cara cangkokan
Ø      Pembiakan dengan cara okulasi
Ø      Pembiakan dengan cara sambungan
Ø      Pembiakan dengan cara merunduk
Ø      Mendata keberhasilan hasil pembiakan secara vegetatif


III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi/brosur sesuai materi
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat dan menyimak semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa melakukan praktik dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru. 
  • KLIK DISINI untuk melihat PBM yg kami laksanakan
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk memperdalam materi 
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis: tidak diperlukan
    

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pembiakan vegetatif untuk setiap jenis pembiakan vegetatif

3. Tugas-Tugas
·        siswa melakukan pembiakan vegetatif  untuk setiap jenis pembiakan di rumah masing masing dan menyerahkan hasilnya kepada guru





















KOMPETENSI DASAR            :  Memelihara bibit hasil pembiakan tanaman secara vegetatif

                                   
INDIKATOR                             : 1. Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan
2.  Pemberian pupuk dilakukan sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
3.  Organisme pengganggu diidentifikasi berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
4.  Organisme penggangu dikendalikan sesuai konsep ramah lingkungan
5.  bibit dipilih sesuai persyaratan
6.  Kegiatan pembiakan tanaman didokumentasikan sesuai ketentuan



I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  melakukan penyiraman sesuai kebutuhan
·        Siswa dapat melakukan pemberian pupuk sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
·        Siswa dapat mengidentifikasi organisme pengganggu berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
·        Siswa dapat mengendalikan organisme pengganggu sesuai konsep ramah lingkungan
·        Siswa dapat memilih bibit sesuai persyaratan
·        Siswa dapat membuat dokumentasi kegiatan pembiakan sesuai ketentuan


II.  MATERI AJAR
1.      Penyiraman
2.      Penyiangan
3.      Pemupukan
4.      Pengendalian OPT
5.      Transplanting

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Jelaskan prosedur penyiraman  sesuai kebutuhan
    2. Jelaskan prosedur pemupukan  sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
    3. Identifikasi OPT dan pengendaliannya
    4. Jelaskan prosedur pengendalian OPT yang ramah lingkungan
    5. Jelaskan tips memilih bibit yang baik


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pemeliharaan pada  pembiakan tanaman secara vegetatif

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................




Kepala SMK Negeri 1 Beungga





Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
Beungga, 1 Januari 2012
Guru Mata Pelajaran




CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015


jika anda membutuhkan file RPP diatas monggo Klik DISINOE















No comments:

Post a Comment