RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS
DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY : AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER : XI / GANJIL
ALOKASI WAKTU : 68 JAM
KODE KOMPETENSI : AGRI.TPH.
001
STANDAR
KOMPETENSI : MENYIAPKAN LAHAN
KOMPETENSI
DASAR : Mengidentifikasi
karakteristik lahan (topografi)
INDIKATOR : 1. Data kemiringan lahan di ididentifikasi
sebagai dasar dalam perencanaan penanaman
2. Rencana
pengguaan lahan ditetapkan berdasarkan identifikasi data lapangan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat mengidentifikasi data kemiringan lahan sebagai dasar dalam perencaan
penanaman
·
Siswa dapat menetapkan rencana penggunaan lahan
berdasarkan identifikasi data lapangan
II.
MATERI AJAR
Ø
Karakteristik lahan pada topografi datar
Ø
Karakteristik lahan pada topografi miring
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1. Identifikasi
Data kemiringan lahan sebagai dasar dalam perencanaan penanaman
1.2. Buatlah perencanaan penggunaan lahan
jika kemiringan lahan lebih dari 400
Jawaban
1.1.
.........................................
1.2.
..........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
siswa memotret lahan miring dan lahan datar dan
menyerahkan hasilnya kepada guru
·
siswa mengumpulkan berbagai artikel berkenaan dengan
materi pembelajaran
KOMPETENSI
DASAR : Mengidentifikasi pengaturan jarak
dan jumlah populasi dengan konsep topografi
INDIKATOR : 1. Pengaturan jarak tanam dilakukan sesuai
prosedur dan jumlah populasi tanaman
2. Populasi
tanaman dihitung sesuai luasan yang akan ditanami
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat melakukan pengaturan jarak tanam sesuai prosedur dan jumlah populasi
tanaman
·
Siswa dapat menghitung populasi tanaman sesuai
luasan yang akan ditanami
II.
MATERI AJAR
Ø
Pengajiran dan pengaturan jarak tanam
Ø
Menentukan populasi tanaman
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1. hitunglah
populasi tanaman jika luas areal penanaman 20 x 20 meter dan jarak tanam 60 cm
x 70
1.2. Berapa jarak tanam yang harus
direncanakan jika jumlah bibit 20 batang akan ditanam dalam luasan 30 x 40
meter
Jawaban
1.1.
.........................................
1.2.
..........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
siswa mencatat jarak tanam minimal 4 jenis tanaman
sayuran dan menyerahkan hasilnya kepada guru
KOMPETENSI
DASAR : Membersihkan
gulma dan sisa tanaman
INDIKATOR : 1. Jenis jenis gulma di identifikasi berdasarkan
karakteristik pertumbuhan dan data botaninya
2. Teknik
pengendalian gulma ditetapkan sesuai dengan karaktetistik dan jenis tanaman
yang akan diusahakan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat mengidentifikasi jenis jenis gulma berdasarkan karakteristik pertumbuhan
dan data botaninya
·
Siswa dapat menetapkan teknik pengendalian gulma
dengan karakteristik dan jenis tanaman yang akan diusahakan
II.
MATERI AJAR
Ø
Jenis jenis gulma
Ø
Jenis jenis pengendalian gulma
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Praktek lansung
ke lapangan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada) dan arahan
·
Siswa menyiapkan alat tulis/ alat kerja
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1. sebutkan jenis jenis gulma dan jelaskan
1.2. sebutkan teknik teknik pengendalian
gulma
Jawaban
1.1.
.........................................
1.2.
..........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
............................................
KOMPETENSI
DASAR : Mengolah
tanah
INDIKATOR : 1. Jenis jenis tanah diidentifikasi dan dikenali
sifat fisiknya
2. Kriteria
kedalaman olah tanah dideskripsikan sesuai dengan kelompok tanaman yang akan
dibudidayakan
3.Pengolahan
tanah dilakukan sesuai prosedur dan sesuai dengan jinis tanaman yanga akan
dibudidayakan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat menjelaskan jenis jenis tanah dan sifat fisiknya
·
Siswa dapat menjelaskan criteria kedalaman olah
tanah berdasarkan sifat sifat fisik tanah dan kelompok tanaman yang akan
dibudidayakan
·
Siswa mampu melakukan pengolahan
II.
MATERI AJAR
Ø
Kondisi lahan yang akan diolah
Ø
Prosedur pengolahan tanah
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Praktek lansung
ke lapangan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada) dan arahan
·
Siswa menyiapkan alat tulis/ alat kerja
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1. Jelaskan
jenis jenis tanah dan sifat fisiknya
1.2. Jelaskan kriteria kedalaman olah tanah
berdasarkan sifat fisik tanah dan kelompok tanaman yang akan dibudidayakan
Jawaban
1.1.
.........................................
1.2.
..........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
............................................
KOMPETENSI
DASAR : Membuat
bedengan dan lubang tanam
INDIKATOR : 1. Tujuan
dan persyaratan bedengan untuk setiap
jenis tanaman dideskripsikan secara tepat
2. Pembuatan bedengan dilaksanakan sesuai
standar dan jenis tanaman yang akan dibudidayakan dengan memperhatikan faktor
cuaca
3.
Pembuatan lubang tanam untuk berbagai
komoditas tanaman dilakukan sesuai ketentuan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat mendiskripsikan secara tepat tujuan dan persyaratan bedengan untuk setiap
jenis tanaman
·
Siswa dapat melaksanakan pembuatan bedengan
sesuai standard an jenis tanaman yang akan dibudidayakan dengan memperhatikan factor
cuaca
·
Siswa mampu melakukan pembuatan lubang tanam
untuk berbagai komoditas tanaman sesuai ketentuan
II.
MATERI AJAR
Ø
Tujuan dan persyaratan bedengan dan lubang tanam
Ø
Prosedur pembuatan bedengan dan lubanag tanam
Ø
Membuat lubang tanam
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Praktek lansung
ke lapangan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada) dan arahan
·
Siswa menyiapkan alat tulis/ alat kerja
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1. Jelaskan tujuan
dan persyratan bedengan berdasarkan jenis tanaman dan kondisi lahan dan cuaca
Jawaban
1.1.
.........................................
2. Tes Praktek
Buatlah bedengan dan lubang tanam sesuai dengan
standar dan jenis tanaman yang akan di budidayakan
3. Tugas-Tugas
·
............................................
KOMPETENSI
DASAR : Memasang mulsa
INDIKATOR : 1. Tindakan
perlakuan untuk sumber penyebab permasalahan sanitasi dilakukan sesuai jenis
organisme pengganggu tanaman
2. Perlakuan terhadap sumber penyebab
permasalahan sanitasi dilakukan dengan menerapkan kaidah kesehatan dan
keselamatan kerja
3.
Proses dan hasil perlakuan terhadap
sumber penyebab permasalahan sanitasi dicatat dan dibuat kesimpulan hasil
sesuai fakta lapangan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat menjelaskan manfaat dan jenis jenis mulsa
·
Siswa mampu melakukan pemberian mulsa organik
·
Siswa mampu melakukan pemasangan mulsa plastic
hitam perak
II.
MATERI AJAR
Ø
Tujuan dan manfaat mulsa
Ø
Jenis jenis mulsa
Ø
Teknik pemberian dan pemasangan mulsa
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Praktek lansung
ke lapangan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada) dan arahan
·
Siswa menyiapkan alat tulis/ alat kerja
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi
yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.1.
Jelaskan tujuan dan manfaat mulsa
1.2.
Sebutkan jenis jenis mulsa
Jawaban
1.1.
.........................................
2. Tes Praktek
Pasanglah mulsa pada bedengan yang telah dibuat
3. Tugas-Tugas
·
............................................
Kepala SMK Negeri 1 Beungga
Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
|
Beungga, 12 Juli 2011
Guru Mata Pelajaran
CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1p
|
perlu file nya silakan deh Klik Disini
No comments:
Post a Comment