Saturday, February 6, 2016

MENANAM PADI DI KOLAM TERPAL


Tanaman padi merupakan tanaman pangan utama, kebutuhan beras semakin tinggi diiringi dengan semakin pesat pertambahan penduduk dunia. produktifitas tanaman padi sangat gencar di tingkatkan  oleh berbagai negara terutama negara agraris seperti indonesia. baik secara intensifikasi dengan berbagai adopsi teknologi baik modern maupun teknologi tepat guna yang sederhana. inovasi terus dikembangkan tanpa henti dengan maksud terus meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan penduduk dunia. setiap negara menargetkan untuk kebutuhan dalam negeri atau yang lebih terkenal dengan istilah swasembada pangan sehingga untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tidak perlu mengimpor dari luar negeri.
Bisa dibayangkan jika semua negara gagal mencapai swasembada padi sebagai sumber pangan utama di negaranya maka negara yg tidak mencukupi pangannya akan kewalahan memberi makan warganya. maka tak heran sekarang berbagai negara sangat gencar melakukan riset untuk menemukan sumber pangan alernatif yang bisa diproduksi secara cepat selayaknya padi. pernah kita mendengar adanya inovasi budidaya talas, umbi umbian lainnya seperti ketela, singkong dan lainnya.

Namun demikian usaha memperluas areal penanaman padi atau dengan istilah kerennya ekstentifikasi pertanian mutlak harus dilakukan. Dari sini saya terbersit sebuah ide selain memperluas areal tanam ada baiknya juga membangunkan kembali lahan yang tidur tanpa membutuhkan biaya yang besar seperti pembangunan irigasi dengan dana trilyunan sebaliknya dapat dilakukan dengan secara swadaya masyarakat dan cukup menguntungkan. ide ini timbul ketika melihat kolam terpal dan sistim mina padi.
mina padi adalah budidaya terpadu antara budidaya padi dan pemeliharaan ikan dalam satu lahan sehingga produktifitas lahan meningkat. kotoran yang dihasilkan ikan akan memberikan tambahan pupuk untuk memenuhi kebutuhan tanaman padi dan ikan juga dapat mengurangi kompetitor dari tanaman gulma dan beberapa serangga juga sehingga dapat mengurangi biaya penyiangan dan pestisida.

Mina padi dilakukan pada lahan yang rendah dimana air berlimpah menggenangi padi. jika kedua nya dipadu yakni mina padi dilakukan di kolam terpal maka sebaliknya mina padi dapat dilakukan pada lahan yang kekurangan air bahkan daerah tadah hujan bahkan bisa dilakukan pada musim kemarau.
Bagaimana proses menanam padi di kolam terpal? ini dia

buat wadah kolam dari plastik terpal kemudian isi tanah secukupnya, berikan pupuk dan tanam padi beserta ikan.

Dengan sistim tanam padi di kolam terpal ini bisa menambah jumlah area tanam padi dan tidak dibatasi oleh syarat lahan untuk tanaman padi seperti ketersediaan sarana irigasi, struktur tanah yang mampu menahan air, dan lain sebagainya. Menanam padi di kolam terpal ini cukup praktis, bahkan bisa dilakukan di atas gedung seperti memanfaatkan lantai toko paling atas, lahan tidur terbuka, lantai semen, halaman berbatu, bukit batu dan lain sebagainya.

Selamat Mencoba.






No comments:

Post a Comment