Thursday, May 21, 2015

MEMBUAT PEPAYA BERBUAH MENYENTUH TANAH

Anda ingin punya tanaman pepaya seperti ini?

ada dua cara mendesainnya, 
pertama,  jika batangnya sudah tua dan pohonnya sudah tinggi lakukan pencangkokan pepaya tersebut tepat di bawah gantungan buahnya, cara mencangkok pepaya berbeda dengan cara mencangkok pada umumnya. 

Batang pepaya di belah dua kemudian di ganjal dengan sesuatu untuk mencegah batang bisa menyatu kembali. salah satu belahan pepaya diberikan perangsang akar dan media tanah kemudian di bungkus kantong plastik dan di ikat . tunggu beberapa bulan, jika sudah berakar banyak tanaman pepaya dapat di tanam ke lahan.



Cara Kedua , jika baru tanam.
biasanya pepaya mengalami pertumbuhan vegetatif pada saat usianya masih belia, ketika memasuki masa generatif atau masa berbunga batangnya sudah tinggi. untuk memperpendek batang caranya adalah dengan memotong batangnya sebanyak 2 kali. dilakukan pertama pada saat batang mencapai ketinggian 50 cm dipotong pada jarak 20 cm dari permukaan tanah dan biarka tanaman pepaya tadi berkembang kembali sampai tunasnya tumbuh mencapai ketinggian 50 cm. 

pemotongan kedua dilakukan terhadap semua tunas samping dan sisakan satu tunas yang paling dekat dengan permukaan tanah dan pelihara sampai mencapai tinggi 1 meter. kemudian pancung lagi sisakan 20 cm. peliharalah satu tunas saja yang paling besar sebagai batang induk yang siap mengeluarkan bunga karena dia sudah dewasa walau dipancung terus.

saran saya buat anda. jika memang tanaman pepaya tersebut dari bibit unggul sebaiknya anda jangan melakukan pemancungan secara sia sia, kenapa tidak anda cangkok saja. Pelihara satu tunas sampai mengeluarkan bunga dan buah

selamat mencoba



No comments:

Post a Comment