Friday, January 15, 2016

MENYEMAI JABON DI MEDIA ROCKWOOL SECARA HIDROPONIK


Jabon adalah sebuah pohon yang tumbuh di wilayah Asia. Pohon ini terdapat di wilayah Asia Selatan hingga Papua. Di Indonesia pohon ini juga dikenal sebagai jabun, kelampayan, empayang, worotua. setiap wilayah memiliki nama yang berbeda beda seperti di daerah Aceh tanaman kayu ini disebut pohon seribu naik

Jabon adalah tanaman kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dibandingkan dengan tanaman kayu lain pada umumnya. Jabon termasuk famili Rubiaceae, mampu tumbuh dengan baik pada ketinggian 0 - 1000 meter dari permukaan laut, pada jenis tanah lempung, podsolik cokelat dan aluvial lembab yang umum terdapat di sepanjang sungai yang ber aerasi baik.

Tanaman jabon bisa dipanen pada umur 4 - 6 tahun sejak tanam dilahan dengan lingkar batang mencapai 150 cm atau diameter 40 cm - 50 cm, setiap tahun tanaman ini mampu tumbuh dengan diameter 5 -10 cm. Bentuk tajuk tanaman jabon seperti payung dengan sistem percabanagan melingkar, daunnya tidak lebat, batang lurus silindris dan tidak berbanir dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus.
Batang jabon bebas cabang 60% dari keseluruhan tingginya, cabang rontok sendiri. warna kayunya putihkrem sampai sawo kemerah merahan. kayu ini banyak dimanfaatkan untuk industri furniture, kayu lapis, papan, bahan pembuat kertas, kayu profil dll.

Jabon Benih jabon sangat kecil hampir menyerupai debu namun jika diraba terasa butirannya. sebagaimana yang telah sama sama kita maklumi bahwa menyemai jabon tak seindah menyemai bayam apalagi sawi. seringkali jika media tidak cocok benih akan segeara menemui ajalnya. terlalu lembab jangan, terlalu kering jangan, terlalu gelap jangan, terlalu terbuka jangan, akhirnya ya yang sedang sedang saja.... macam lagu dangdut saja. sehingga jika tidak sabar cepat membuat orang kapok nanam jabon.

Pada prinsipnya benih jabon membutuhkan media yang basah namun tidak kebanjiran dan steril. syarat tersebut sangat cocok dengan sifat rockwool. tanpa tunggu lama lama mari kita coba semai jabon di rockwool yuk. walau ini masih percobaan namun demikian supaya orang orang cepat mengetahui cara ini maka ada baiknya kita beberkan segera walau belum pasti apakah akan berhasil karena saya berprinsip tidak hanya keberhasilan yang perlu di share yang gagalpun kadang tidak kalah pentingnya di share karena semua itu akan memperkaya khazanah keilmuan walaupun dalam hal kecil.

selamat mencoba.









No comments:

Post a Comment