Wednesday, January 13, 2016

CARA MEMBUAT ARANG SEKAM

cara membuat arang sekam ada beberapa model diantaranya seperti dibawah ini

model 1

sediakan kaleng bekas apa saja atau seng yang di gulung dan beri lubang lubang dengan parang

tumpuk sekam padi di sekeliling kaleng tadi dan jika terlalu banyak susun kaleng lagi diatas kaleng yang di bawah kemudian masukkan beberapa lembar kertas yg telah di bakar ke dalam kaleng untuk memanaskan kaleng selanjutnya kaleng akan memanaskan sekam sehingga terjadi pembakaran. pada prinsipnya kaleng tersebu berfungsi sebagai corong asap dan suplai udara sehingga terjadi proses pembakaran yang sempurna.

jika semua sudah menjadi arang jangan lupa di siram dengan air sambil di balik balik agar air bisa merata membasahi arang sekam supaya tidak terbentuk lagi api dalam sekam yang akan membuat arang di dalam menjadi abu.


model 2


tak ada kaleng kawat pun jadi, gulung kawat ayak pasir sehingga membentuk corong seperti ini dan beri kawat berbentuk L agar bisa berdiri kokoh




model 3


kaleng tak ada kawat juga tak ada dan tak ada yang bisa dibikin corong. jangan putus asa tumpuk sekam padi tidak terlalu tinggi gali tengahnya seperti orang mau mengaduk pasir dengan semen. jika tumpukan adonan semen di kasih air maka tumpukan sekam ini di kasih sabut kelapa yang sudah dibakar menyala seperti ini


ada juga model lainnya cuma saya lebih senang menampilkan yang sudah saya praktikkan, anda bisa mengintip kegiatan bakar sekam lainnya dengan model lain di google. dan silahkan ambil salah satu sesuai dengan kondisi daerah anda masing masing.

selamat mencoba semoga anda bahagia


No comments:

Post a Comment