Wednesday, May 8, 2013

Siswa SMKN Beungga Praktik di Kebun Entres Kakao DisBun Kab. Pidie


Sebagai sekolah yang menerapkan konsep pembelajaran yang berbasis kompetensi dan berorientasi kepada penyiapan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja maka SMK Negeri 1 Beungga dalam Proses Belajar Mengajar tidak terpaku kepada teori dan praktik di lingkungan sekolah saja. Namun SMK Negeri 1 Beungga selalu dan secara kontinyu melakukan kerjasama baik dengan instansi pemerintah, swasta maupun dengan dunia bisnis dan berbagai usaha yang relevan dengan materi atau modul pembelajaran yang diberikan di sekolah untuk mengasah kemampuan, mempertajam pemahaman serta menambah wawasan tentang beberapa materi yang sedang dipelajari.
Karena praktik luar sekolah tidak bisa diatur sesuai jadwal sebagaimana roster di sekolah karena sifatnya insidentil maka sekolahlah yang harus dinamis menyesuaikan diri dengan kesempatan atau peluang yang ada di dunia luar atau sering disebut dengan istilah jemput bola.
Kali ini siswa melakukan praktik luar sekolah di Kebun Entres Kakao Milik Dinas Perkebunan Kabupaten Pidie yang berlokasi di Desa Cot Lombo Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.

Pengarahan umum sebelum terjun lapangan di bekali oleh Bapak Mahyuddin SP, Guru Mata Pelajaran Muatan Lokal Budidaya Kakao, beliau juga merangkap sebagai penyuluh lapangan budidaya kakao yang bergerak dibawah payung Swiss Contac yaitu NGO Asing yang peduli dengan pengembangan kakao di tanah air khususnya Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.

Siswa praktikan membersihkan daun kakao kering yang jatuh ke tanah (Sanitasi Lahan)
hasil nya, daun ditumpuk ke sisi kiri dan kanan barisan tanaman memanjang menurut kemiringan lahan agar sampah dedaunan yang sudah ditumbuk tidak terbawa oleh arus air hujan yang mengalir mengikuti kemiringan lahan. saniasi seperi ini rutin dilakukan agar dapat mencegah berbagai serangan hama dan penyakit seperti Penggerek Buah Kakao (PBK), VSD, Busuk Buah oleh Cendawan, dll.

Kemudian kegiatan penutup oleh Bapak Mahyuddin SP memberikan konfirmasi dan evaluasi terhadap hasil kerja siswa serta menjelaskan tentang cara mengambil entres untuk pembiakan tanaman kakao secara vegetatif seperti okulasi dan sambung(grafing). 










No comments:

Post a Comment