Friday, May 10, 2013

SMKN BEUNGGA TANAM SAWIT DI SEKOLAH

Untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah kejuruan di bidang pertanian SMK Negeri 1 Beungga terus berusaha melengkapi media pembelajaran dengan menanam tanaman budidaya sesuai tuntutan kurikulum di lingkungan sekolah agar dapat di manfaatkan dengan mudah tanpa mengunjungi perkebunan untuk tingkat pengenalan, sementara untuk pengetahuan tingkat lanjut baru mengunjungi perkebunan besar di luar sekolah baik yang berada di sekitar sekolah maupun ke luar daerah.

Kali ini kami menanam kelapa sawit yang kami dapatkan dari hadiah perkebunan kelapa sawit di lhok keutapang sekitar 5 KM dari lokasi sekolah yang bersimpati dengan sekolah kami. Kami mendapat sawit unggul tersebut sebayak 6 batang karena memang 6 batang yang dapat kami tanam mengingat keterbatasan lahan. Kami belum mengetahui varietas apa sawit tersebut karena pemilik sawit yang putra daerah itu sedang berada di malaysia waktu itu, menurut keterangan dari penjaga kebun, sawit itu benihnya didatangkan dari malaysia.

Dari 6 batang yang kami tanam cuma satu yang selamat yang lain diganggu oleh binatang seperti babi dan landak. tapi tidak masalah karena satu batang sudah cukup sebagai media belajar bagi siswa di sekolah sementara untuk pemantapan praktikum bisa kita lakukan moving class ke kebun sawit terdekat untuk mendapatkan ketrampilan yang lebih mantap.

walau sempat juga mendapat gangguan dari gajah liar yang sering melintas di area sekolah namun sawit ini masih saya tumbuh lagi. mudah mudahan bisa bertahan selamanya dan bisa menjadi media belajar bagi siswa selamanya. perawatan sawit ini disesuaikan dengan jadwal belajar dan diondisikan sesuai dengan kebutuhan belajar.

kedepan SMKN Beungga akan terus melengkapi sarana media belajar dari pohon lainnya baik dari tanaman perkebunan, maupun tanaman kehutanan dan tentunya fokus utama adalah tanaman pangan dan hortikultura.

No comments:

Post a Comment