Saturday, February 6, 2016

BUDIDAYA BAYAM MERAH SECARA HIDROPONIK


Benih bayam merah dapat dibeli di toko pertanian, jika di daerah anda tidak ada maka carilah informasi dari sosial media terutama facebook atau jika anda berani bisa beli di online shop seperti tokopedia, dll.

Benih bayam mudah tumbuh dimedia mana saja, untuk budidaya secara hidroponik sangat dianjurkan menggunakan media yang ketika di sapih tidak rusak akar bibit seperti media rockwool (RW) atau sekam bakar yang dicampur dengan cocopeat. jika anda tidak ingin repot menyiramnya seiap hari boleh anda alasi keranjang semai dengan wadah yang dapat menampung air seperti pada gambar dibawah ini. 

Tanam bayam merah ketika sudah memiliki daun 4 lembar atau 10 hari setelah semai (hss) ke dalam netpot berisi arang sekam. jika anda menyemai pakai media rockwool maka tidak perlu pakai sekam langsung potong seperlunya dan leakkan ke netpot dan anda dapa menambahkan kain flanel sebagai penghubung antara netpot dengan larutan nutrisi jika nurisi tidak langsung menyentuh netpot.

Lakukan pemeliharaan sebagaimana biasa, berikan nutrisi sesuai petunjuk seperti ini-Tanam benih pada media arang sekam dan cocopeat perbandingan 1:1- Siram media semai dengan nutrisi 200 ppm- Pindahkan bibit ke dalam netpot setelah berumur 15 hari setelah semai dan tempatkan pada rak hidroponik dengan nutrisi 400 ppm sampai dengan 600 ppm- Tambahkan kepekatan nutrisi sampai dengan 800 ppm pada umur tanaman 12 hari setelah tanam- Kepekatan nutrisi diukur mengguanakan alat TDS meter- Tambahkan kepekatan nutrisi mencapai 1600 ppm sejak memasuki umur 16 hari setelah semai - Pada umur 60 hari Bayam sudah dapat dipanen.
Panen dapat dilakukan jika daun sudah maksimal ukurannya atau bisa juga dipanen jika sudah kepingin masak, suka suka gak ada aturan tapi jika mau menggoreng sebagai keripik sebaiknya tunggu sampai daun agak keras atau kaku seperti pada gambar di bawah ini
Sisa panen berupa batang dapat dipelihara lagi selain dapat mengeluarkan unas dan daun baru juga menghasilkan bunga yang apabila sudang matang dapat dikeringkan untuk dijadikan benih lagi. Jemur sampai kering kemudian diremas remas dan dipisahkan bijinya

selamat mencoba. 


No comments:

Post a Comment