Friday, May 17, 2013

CANGKOK SUSU

Cangkok Susu adalah teknik terbaru dalam dunia perbanyakan tanaman terutama tanaman buah. Teknik Cangkok Susu adalah hasil perpaduan beberapa metode atau teknik  yang sudah lazim dikenal di kalangan tukang sambung tanaman alias pengusaha tani tanaman buah seperti cangkok, susuan, sambung sisip, dan akar ganda. Pada dasarnya pembiakan tanaman secara vegetatif bertujuan menggandakan tanaman menjadi lebih banyak dari organ tanaman itu sendiri sehingga tanaman baru adalah merupakan fotocopy atau kembaran dari tanaman induk baik fisiknya maupun sifatnya tanpa terjadinya penyimpangan.

Kelebihan teknik cangkok adalah dapat memastikan pemilihan dahan yang akan diperbanyak yang sesuai dengan keinginan baik bentuk fisik tanaman maupun buah yang dihasilkan sudah dapat di lihat, dan bahkan dicicipi rasa buahnya. namun teknik cangkok memiliki kekurangan tidak adanya akar tunggang sehingga hanya populer sebatas tanaman pot saja sedangkan untuk budidaya tanaman di tanah kurang bagus kerana perakarannya tidak kuat. Seringkali tanaman buah hasil cangkok ini harus diperkuat lagi akarnya dengan menambah akar ganda dari tanaman serupa yang berasal dari biji yang ditanam disamping kiri kanan muka belakang tanaman cangkok dengan cara menyisipkan ke batang cangkok sebagaimana teknik sambung sisip.

Pada teknik sambung sisip biasanya yang disisip adalah pucuk tanaman unggul ke batang bawah yang berasal dari biji, sementara pada teknik cangchu ini yang disisipkkan adalah seperti pada akar ganda untuk mengganti akar serabut. jika sudah tersambung dan menyatu biasanya dalam rentang waktu 2 bulan maka tanaman baru sudah dapat dipisahkan dari induknya dan langsung ditanam ke polibag selama sebulan untuk adaptasi dengan lingkungan yang baru dan memperkuat fungsi akar baru.

Demikianlah sedikit informasi mengenai teknik baru perbanyakan tanaman Cangkok Susu ini saya perkenalkan  semoga dapat memberikan manfaat.

Selamat mencoba.



2 comments:

  1. Mohon dapat lebih didetailakn langkah2 untuk Teknik Cangchu-nya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. ijin copas ya pak mau coba praktek... terimakasih

    ReplyDelete