Wednesday, July 18, 2012

RPP IDENTIFIKASI TANAMAN DAN PERTUMBUHANNYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                     :   SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN   :  AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY                   :   AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN       :  AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                 :   KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER                 :   X / GENAP
ALOKASI WAKTU                   :   68 JAM ( 4 JAM / MG)
KODE  KOMPETENSI              :   DKK.TPH.002

STANDAR KOMPETENSI       :  MENGIDENTIFIKASI TANAMAN DAN PERTUMBUHANNYA                    
                                      
KOMPETENSI DASAR            : 1. Mengenal lingkup tanaman yang diusahakan

INDIKATOR                             : 1. Tanaman pangan diidentifikasi dan disebut sesuai nama umumnya atau botaninya
2.  Tanaman kelompok hortikultura diidentifikasi dan disebut sesuai nama botaninya
3.  Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4.  Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
5.  Hasil identifikasi jenis tanaman dicatat dan dikomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha.

                                                    

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat mengidentifikasi Tanaman pangan dan menyebutkan sesuai nama umumnya atau botaninya
·        Siswa dapat mengidentifikasi Tanaman hortikultura dan menyebutkan sesuai nama botaninya
·        Siswa dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman pangan dan mendeskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·        Siswa dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman hortikultura dan mendeskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·        Siswa dapat mencatat identifikasi jenis tanaman dan dapat mengkomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha

II.  MATERI AJAR
Ø      Mengelompokkan tananam pangan yang dibudidayakan
Ø      Mengelompokkan tananam Hortikultura yang dibudidayakan
Ø      Deskripsi tanaman yang diusahakan (Taksonomi, Fisiologis dan Morfologi)
Ø      Catatan hasil identifikasi jenis tanaman


III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Praktik Sekolah dan Lapangan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.   identifikasi 5 Tanaman pangan dan sebutkan sesuai nama umumnya atau botaninya
2.       identifikasi 5 Tanaman hortikultura dan sebutkan sesuai nama botaninya
3.        identifikasi Ciri ciri 2 jenis tanaman pangan  atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4.        identifikasi Ciri ciri 2 tanaman hortikultura  atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    
2. Tes Praktek
     ...............................................

3. Tugas-Tugas
·        siswa membuat ..............................................  tentang ........................... ................................ dan menyerahkan hasilnya kepada guru
·        siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang ....................................... dan menyerahkan kepada guru





KOMPETENSI DASAR            : 2. Menjelaskan tanah sebagai tempat tumbuh tanaman
            
INDIKATOR                             : 1. Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman diidentifikasi
2.  Diketahui dengan jelas data agronomi tempat budidaya tanaman


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  memahami faktor tanah
·        Siswa dapat memahami jenis tanah
·        Siswa dapat memahami sifat tanah (fisik, kimia dan biologi)
·        Siswa dapat mengamati profil tanah
·        Siswa dapat mengukur suhu dan kelembaban tanah
·        Siswa dapat memahami sifat kimia tanah
·        Siswa dapat menghitung kemiringan tanah
·        Siswa dapat mengamati ketinggian tanah
·        Siswa dapat mengukur pH tanah


II.  MATERI AJAR
Ø      Pengertian tanah dan fungsi tanah
Ø      Sifat fisik tanah (jenis, susunan tanah, ketinggian, kemiringan, tekstur dan struktur tanah, air tanah)
Ø      Sifat kimia tanah (pH, unsur hara)

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Jelaskan yang disebut faktor tanah  
    2. Jelaskan jenis jenis tanah
    3. Jelaskan sifat fisik tanah, kimia tanah dan biologi tanah
    4. Jelaskan teknik mengukur suhu dan kelembaban tanah
    5. Jelaskan teknik menghitung kemiringan tanah
    6. Jelaskan teknik mengukur ketinggian tanah
    7. Jelaskan cara mengukur pH tanah.


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................
6. ............................................
7. .............................................

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu secara lisan kemampuannya memahami tentang tanah yang berfungsi sebagai tempat tumbuh tanaman

3. Tugas-Tugas
·        siswa mencatat data agronomi tanaman di daerah masing masing dan mengumpulkan laporan kepada guru bidang study





KOMPETENSI DASAR            :  Menjelaskan cuaca sebagai faktor penting bagi tanaman

                                    
INDIKATOR                             : 1. Data agroklimat diperoleh/dikumpulkan melalui data sekunder
2.  Data curah hujan, suhu dan kelembaban dikumpulkan dan dicatat melalui pengukuran dilapangan
3.  Data agroklimat dikumpulkan dan disimpan untuk bahan pertimbangan dalam perencanaan usaha tanaman

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  menyebutkan jenis jenis data agroklimat
·        Siswa dapat memahami satuan curah hujan, suhu dan kelembaban
·        Siswa dapat menjelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data
·        Siswa dapat mengumpulkan dan mencatat data curah hujan, suhu dan kelembaban udara


II.  MATERI AJAR
§         Data agroklimat berupa curah  hujan, suhu, udara, dan  kelembaban udara

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.      Sebutkan jenis jenis data agroklimat
2.      Sebutkan teknik mengukur curah hujan, suhu dan kelembaban udara
3.      Jelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
   
2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pengukuran data cuurah hujan, suhu dan kelembaban udara

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................






KOMPETENSI DASAR         : Menjelaskan Sistim produksi tanaman

                                   
INDIKATOR                          : 1. Siklus hidup tanaman diamati dan dicatat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman
                                                  2. Proses fisiologis tanaman dideskripsikan dengan tepat


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat Memahami siklus hidup tanaman.
·        Siswa dapat Melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman satu silkus hidup
·        Siswa dapat Memahami proses fisioliogis tanaman (fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan)


II.  MATERI AJAR
·        Siklus hidup tanaman
·        Proses fisiologis tanaman

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
1.      Jelaskan siklus hidup tanaman kedelai dan jagung
2.      Jelaskan perbedaan grafik pertumbuhan tanaman kedelai dan jagung
3.      Jelaskan proses fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
   
2. Tes Praktek
     Siswa diamati ketika sedang melaksanakan pengamatan pertumbuhan tanaman

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................




Kepala SMK Negeri 1 Beungga





Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
Beungga, 16 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran




CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015


jika anda membutuhkan file RPP ini silakan Klik DISINI













Saturday, July 14, 2012

RPP Membiakkan Tanaman secara Vegetatif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                     : SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN   :  AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY                     :      AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI KEAHLIAN       :  AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN                    :      KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER                 :  X / GENAP
ALOKASI WAKTU                      :     68 JAM
KODE  KOMPETENSI                 :      AGRI.TPH. 005

STANDAR KOMPETENSI       :  MEMBIAKKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF                     
                                      
KOMPETENSI DASAR            :  Menjelaskan prinsip pembiakan tanaman secara vegetatif
                                   
INDIKATOR                             : 1. Keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatp di identifikasi dengan tepat
2.  Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatip di identifikasi dengan tepat
3.  Organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif di identifikasi sesuai prosedur
4.  Berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif dapat di deskripsikan beserta contoh tanamannya
                                                   

I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat mengidentifikasi keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatif
·        Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatif
·        Siswa dapat mengidentifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
·        Siswa dapat mendeskripsikan berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif beserta contoh tanamannya

II.  MATERI AJAR
Ø      Konsep dasar pembiakan tanaman secara vegetatif
Ø      Faktor factor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembiakan secara vegetatif
Ø      Alat pembiakan secara vegetatif
Ø        Teknik teknik pembiakan secara vegetatif

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Identifikasi Keuntungan dan kelemahan dari pembiakan secara vegetatif dengan tepat  
    2. Identifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembiakan vegetatif dengan tepat
    3. Identifikasi organ tanaman untuk perbanyakan vegetatif
    5. Deskripsikan berbagai teknik pembiakan tanaman secara vegetatif beserta contoh tanamannya


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................

2. Tes Praktek
     ...............................................

3. Tugas-Tugas
·        siswa membuat klipping tentang pembiakan vegetatif dan menyerahkan hasilnya kepada guru
·        siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang pembiakan vegetatif dan menyerahkan kepada guru





KOMPETENSI DASAR            :  Melakukan pembiakan tanaman secara vegetatif
                                   
INDIKATOR                             : 1. Pembiakan tanaman dengan cara stek dilakukan sesuai prosedur
2.  Pembiakan tanaman dengan cara anakan dilakukan sesuai prosedur         
3.  Pembiakan tanaman dengan cara cangkokan dilakukan sesuai prosedur
4.  Pembiakan tanaman dengan cara okulasi dilakukan sesuai prosedur
5.  Pembiakan tanaman dengan cara sambungan dilakukan sesuai prosedur
6.  Pembiakan tanaman dengan cara merunduk dilakukan sesuai prosedur
7.  Keberhasilan pembiakan tanaman secara vegetatif diamati dan di data prosentase keberhasilannya


I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  melakukan pembiakan tanaman dengan cara stek
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara anakan
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara cangkok
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara okulasi
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara sambungan
·        Siswa dapat melakukan pembiakan tanaman dengan cara merunduk
·        Siswa dapat mengamati dan mendata prosentase keberhasilan pembiakan tanaman secara vegetatif


II.  MATERI AJAR
Ø      Pembiakan dengan cara stek
Ø      Pembiakan dengan cara anakan
Ø      Pembiakan dengan cara cangkokan
Ø      Pembiakan dengan cara okulasi
Ø      Pembiakan dengan cara sambungan
Ø      Pembiakan dengan cara merunduk
Ø      Mendata keberhasilan hasil pembiakan secara vegetatif


III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi/brosur sesuai materi
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat dan menyimak semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa melakukan praktik dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru. 
  • KLIK DISINI untuk melihat PBM yg kami laksanakan
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk memperdalam materi 
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis: tidak diperlukan
    

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pembiakan vegetatif untuk setiap jenis pembiakan vegetatif

3. Tugas-Tugas
·        siswa melakukan pembiakan vegetatif  untuk setiap jenis pembiakan di rumah masing masing dan menyerahkan hasilnya kepada guru





















KOMPETENSI DASAR            :  Memelihara bibit hasil pembiakan tanaman secara vegetatif

                                   
INDIKATOR                             : 1. Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan
2.  Pemberian pupuk dilakukan sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
3.  Organisme pengganggu diidentifikasi berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
4.  Organisme penggangu dikendalikan sesuai konsep ramah lingkungan
5.  bibit dipilih sesuai persyaratan
6.  Kegiatan pembiakan tanaman didokumentasikan sesuai ketentuan



I.   TUJUAN PEMBELAJARAN

·        Siswa dapat  melakukan penyiraman sesuai kebutuhan
·        Siswa dapat melakukan pemberian pupuk sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
·        Siswa dapat mengidentifikasi organisme pengganggu berdasarkan gejala serangan dan penyebabnya
·        Siswa dapat mengendalikan organisme pengganggu sesuai konsep ramah lingkungan
·        Siswa dapat memilih bibit sesuai persyaratan
·        Siswa dapat membuat dokumentasi kegiatan pembiakan sesuai ketentuan


II.  MATERI AJAR
1.      Penyiraman
2.      Penyiangan
3.      Pemupukan
4.      Pengendalian OPT
5.      Transplanting

III. METODA PEMBELAJARAN
·        Ceramah
·        Diskusi
·        Tanya jawab
·         Mengadakan percobaan


IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      A. Kegiatan awal
·         Absensi
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·         Siswa menyiapkan alat tulis

      B. Kegiatan inti
  • Siswa mencatat semua materi yang diberikan oleh guru
  • Siswa bertanya dan berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
  • Siswa membuat kesimpulan

C. Kegiatan akhir
  • Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
  • Mencatat hal-hal yang penting
  • Memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang relevan sebagai pengayaan
  • Evaluasi sebagai umpan balik

V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
  • Alat dan bahan penunjang percobaan
  • Artikel dari berbagai media

VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
    Soal
    1. Jelaskan prosedur penyiraman  sesuai kebutuhan
    2. Jelaskan prosedur pemupukan  sesuai konsep tepat dosis, waktu, jenis dan cara
    3. Identifikasi OPT dan pengendaliannya
    4. Jelaskan prosedur pengendalian OPT yang ramah lingkungan
    5. Jelaskan tips memilih bibit yang baik


    Jawaban
    1. .........................................
    2. ..........................................
    3. .........................................
    4. .........................................
    5. .........................................

2. Tes Praktek
     Siswa di uji satu persatu kemampuan melakukan pemeliharaan pada  pembiakan tanaman secara vegetatif

3. Tugas-Tugas
·        .......................................................................




Kepala SMK Negeri 1 Beungga





Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
Beungga, 1 Januari 2012
Guru Mata Pelajaran




CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015


jika anda membutuhkan file RPP diatas monggo Klik DISINOE