RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMKN I BEUNGGA
BIDANG STUDY KEAHLIAN : AGRIBISNIS
DAN AGROTEKNOLOGI
PROGRAM STUDY : AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN
KOMPETENSI
KEAHLIAN : AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN/KEAHLIAN
KELAS / SEMESTER : X / GENAP
ALOKASI WAKTU : 68 JAM ( 4 JAM / MG)
KODE KOMPETENSI : DKK.TPH.002
STANDAR
KOMPETENSI : MENGIDENTIFIKASI TANAMAN DAN PERTUMBUHANNYA
KOMPETENSI
DASAR : 1. Mengenal lingkup tanaman yang diusahakan
INDIKATOR : 1. Tanaman pangan diidentifikasi dan disebut
sesuai nama umumnya atau botaninya
2. Tanaman kelompok hortikultura diidentifikasi
dan disebut sesuai nama botaninya
3. Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi
dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4. Ciri ciri tanaman pangan diidentifikasi
dan dideskripsikan secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
5. Hasil identifikasi jenis tanaman dicatat
dan dikomunikasikan kepada pihak berwenang guna keperluan perencanaan,
pelaksanaan dan pengembangan usaha.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat mengidentifikasi Tanaman pangan dan menyebutkan sesuai nama umumnya atau
botaninya
·
Siswa dapat mengidentifikasi Tanaman hortikultura dan menyebutkan sesuai nama botaninya
·
Siswa
dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman pangan dan mendeskripsikan secara
lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·
Siswa
dapat mengidentifikasi Ciri ciri tanaman hortikultura dan mendeskripsikan
secara lengkap atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
·
Siswa
dapat mencatat identifikasi jenis tanaman dan dapat mengkomunikasikan kepada
pihak berwenang guna keperluan perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan usaha
II.
MATERI AJAR
Ø
Mengelompokkan tananam pangan yang dibudidayakan
Ø
Mengelompokkan tananam Hortikultura yang dibudidayakan
Ø
Deskripsi tanaman yang diusahakan (Taksonomi, Fisiologis dan
Morfologi)
Ø
Catatan hasil identifikasi jenis tanaman
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Praktik Sekolah
dan Lapangan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1. identifikasi 5 Tanaman pangan dan sebutkan sesuai nama umumnya atau botaninya
2. identifikasi 5 Tanaman hortikultura dan sebutkan sesuai nama botaninya
3. identifikasi Ciri ciri 2 jenis tanaman pangan atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
4. identifikasi Ciri ciri 2 tanaman hortikultura atas dasar morfologi dan persyaratan tumbuh
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3.
.........................................
4.
.........................................
2. Tes Praktek
...............................................
3. Tugas-Tugas
·
siswa membuat
..............................................
tentang ........................... ................................ dan
menyerahkan hasilnya kepada guru
·
siswa mengumpulkan berbagai artikel tentang
....................................... dan menyerahkan kepada guru
KOMPETENSI
DASAR : 2. Menjelaskan tanah
sebagai tempat tumbuh tanaman
INDIKATOR : 1. Tanah sebagai tempat tumbuh tanaman
diidentifikasi
2. Diketahui dengan jelas data agronomi
tempat budidaya tanaman
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat memahami
faktor tanah
·
Siswa dapat memahami jenis tanah
·
Siswa
dapat memahami sifat tanah (fisik, kimia dan biologi)
·
Siswa dapat mengamati profil tanah
·
Siswa dapat mengukur suhu dan kelembaban tanah
·
Siswa dapat memahami sifat kimia tanah
·
Siswa dapat menghitung kemiringan tanah
·
Siswa dapat mengamati ketinggian tanah
·
Siswa dapat mengukur pH tanah
II.
MATERI AJAR
Ø
Pengertian tanah dan fungsi tanah
Ø
Sifat fisik tanah (jenis, susunan tanah, ketinggian, kemiringan,
tekstur dan struktur tanah, air tanah)
Ø
Sifat kimia tanah (pH, unsur hara)
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1. Jelaskan yang
disebut faktor tanah
2. Jelaskan jenis jenis tanah
3. Jelaskan sifat fisik tanah, kimia tanah
dan biologi tanah
4. Jelaskan teknik mengukur suhu dan
kelembaban tanah
5. Jelaskan teknik menghitung kemiringan
tanah
6. Jelaskan teknik mengukur ketinggian tanah
7. Jelaskan cara mengukur pH tanah.
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3.
.........................................
4.
.........................................
5.
.........................................
6. ............................................
7. .............................................
2. Tes Praktek
Siswa di uji satu persatu secara lisan kemampuannya
memahami tentang tanah yang berfungsi sebagai tempat tumbuh tanaman
3. Tugas-Tugas
·
siswa mencatat data agronomi tanaman di daerah masing
masing dan mengumpulkan laporan kepada guru bidang study
KOMPETENSI
DASAR : Menjelaskan cuaca sebagai faktor penting bagi tanaman
INDIKATOR : 1. Data agroklimat diperoleh/dikumpulkan melalui
data sekunder
2. Data curah hujan, suhu dan kelembaban
dikumpulkan dan dicatat melalui pengukuran dilapangan
3.
Data
agroklimat dikumpulkan dan disimpan untuk bahan pertimbangan dalam perencanaan
usaha tanaman
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat menyebutkan
jenis jenis data agroklimat
·
Siswa dapat memahami satuan curah hujan, suhu
dan kelembaban
·
Siswa dapat menjelaskan teknik pengumpulan dan
penyimpanan data
·
Siswa
dapat mengumpulkan dan mencatat data curah hujan, suhu dan kelembaban udara
II.
MATERI AJAR
§
Data agroklimat berupa curah hujan,
suhu, udara, dan kelembaban udara
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.
Sebutkan
jenis jenis data agroklimat
2.
Sebutkan teknik mengukur curah hujan, suhu dan
kelembaban udara
3.
Jelaskan teknik pengumpulan dan penyimpanan data
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3.
.........................................
2. Tes Praktek
Siswa di uji satu persatu kemampuan
melakukan pengukuran data cuurah hujan, suhu dan kelembaban udara
3. Tugas-Tugas
·
.......................................................................
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan
Sistim produksi tanaman
INDIKATOR : 1. Siklus hidup tanaman diamati dan dicatat sesuai
dengan fase pertumbuhan tanaman
2. Proses fisiologis tanaman dideskripsikan
dengan tepat
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa
dapat Memahami siklus hidup tanaman.
·
Siswa
dapat Melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman satu silkus hidup
·
Siswa
dapat Memahami proses fisioliogis tanaman (fotosintesis, respirasi,
transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan)
II.
MATERI AJAR
·
Siklus hidup tanaman
·
Proses fisiologis tanaman
III. METODA PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Mengadakan
percobaan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal
·
Absensi
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru memberikan lembaran informasi (jika ada)
·
Siswa menyiapkan alat tulis
B.
Kegiatan inti
- Siswa mencatat semua
materi yang diberikan oleh guru
- Siswa bertanya dan
berdiskusi tentang materi pelajaran dengan guru.
- Siswa membuat kesimpulan
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan hasil kegiatan belajar mengajar
- Mencatat hal-hal yang penting
- Memberi tugas kepada siswa untuk mencari
referensi yang relevan sebagai pengayaan
- Evaluasi sebagai umpan balik
V. ALAT/BAHAN SUMBER BELAJAR
- Alat dan bahan
penunjang percobaan
- Artikel dari
berbagai media
VI. PENILAIAN
1. Tes Tertulis:
Soal
1.
Jelaskan
siklus hidup tanaman kedelai dan jagung
2.
Jelaskan
perbedaan grafik pertumbuhan tanaman kedelai dan jagung
3.
Jelaskan
proses fotosintesis, respirasi, transpirasi, absoprsi, penyerbukan dan pembuahan
Jawaban
1.
.........................................
2.
..........................................
3. .........................................
2. Tes Praktek
Siswa diamati ketika sedang melaksanakan
pengamatan pertumbuhan tanaman
3. Tugas-Tugas
·
.......................................................................
Kepala SMK Negeri 1 Beungga
Tarmizi, S.Pd
NIP. 19651231 198701 1 011
|
Beungga, 16 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
CHUMAIDI, SP
NIP. 19760729 200604 1 015
|
jika anda membutuhkan file RPP ini silakan Klik DISINI